Tips & Trik

Cetak Digital Terdekat offset dan digital printing

Cetak digital terdekat Tentunya akan menjadi tempat yang sangat kita sukai. Karna cetak digital tersebut tentunya akan bisa sangat membantu kehidupan kita. Dimana sekarang semua hal sudah serba digital namun ada beberapa hal yang masih harus di cetak seperti stiker, spanduk, banner, undangan, sertifikat, brosur, poster, majalah dan lain-lain.

Dunia percetakan memiliki beberapa teknik cetak untuk memproduksi segala dokumen sesuai dengan kebutuhan kita. Kita perlu memahami teknik cetak tersebut untuk dapat mengerti teknik manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget kita.

Mengenal teknik cetak juga dapat membantu kita untuk mendapatkan hasil cetakan digital yang paling sesuai dengan keinginan kita. Setelah mendalami teknik cetak, kita akan lebih merasa lebih yakin untuk menggunakan jasa cetak digital online. Sekarang dengan perkembangan zaman tentunya sudah banyak percetakan yang menyediakan jasa cetak online agar bisa lebih memudahkan kita.

Ada dua teknik cetak yang paling terkenal di Indonesia. Teknik cetak yang pertama adalah cetak offset dan yang satu lagi Teknik Digital printing dimana setiap teknik tersebut tentunya memiliki kelebebihan dan kelemahannya masing-masing. Dibawah nanti kita akan menjelaskan tentang perbedaannya agar anda makin paham dengan jasa cetak.

1. Cetak Offset atau Offset Printing

Teknik offset merupakan salah satu teknik percetakan yang paling umum digunakan. Dengan metode offset, materi yang ingin dicetak dipindahkan dari sebuah plat ke lapisan karet, lalu ke atas permukaan bahan. Proses offset menggunakan tinta basah dan memerlukan proses pengeringan setelah proses percetakan berlangsung.

Offset digunakan untuk mencetak dalam skala/kuantitas besar. Di antara semua teknik percetakan, offset bisa dibilang merupakan yang paling ekonomis, berkualitas tinggi dan memiliki konsistensi yang baik untuk mencetak dalam skala besar.

Cetak offset terdekat
Cetak offset terdekat

Kelebihan teknik cetak offset:

  • Dapat mencetak dalm jumlah banyak di atas ribuan lembar, sehingga bila kuantitas yang akan dicetak semakin banyak, maka harga per lembarnya akan menjadi lebih murah.
  • Dapat mencetak pada kertas dengan tekstur kasar dan kertas bergramatur tebal hingga 300 gsm. Ukuran kertas yang digunakan bisa lebih besar, yaitu hingga A1 atau A0.
  • Anda dapat mencetak dengan warna khusus seperti emas atau perak serta warna stabilo.

Baca juga : Percetakan digital terdekat buka setiap hari

Kelemahan teknik cetak offset:

  • Waktu produksi yang dibutuhkan lebih lama karena membutuhkan proses pembuatan film, pembuatan plat cetak dan penyetelan tinta pada mesin. Selain itu, karena tinta yang digunakan adalah tinta basah, maka dibutuhkan waktu untuk proses pengeringan.
  • Terdapat banyak sampah pada saat proses penyetelan warna berlangsung, sehingga kurang ramah lingkungan.

2. Cetak Digital atau Digital Printing

Digital offset, atau istilah kerennya yaitu digital printing, adalah sebuah metode percetakan dari gambar berbasis digital, yang biasanya berupa File, kemudian bisa langsung dicetak di berbagai media dengan cara yang lebih cepat.

Digital offset merupakan hasil inovasi perkembangan dari metode percetakan konvensional, yang muncul seiring dengan kemajuan teknologi dunia yang sudah masuk ke dalam era digital.

Umumnya digital offset memiliki biaya produksi yang lebih tinggi untuk per satuannya dibanding metode cetak yang lebih konvensional seperti percetakan offset dan sablon.

Baca Juga : Percetakan terdekat buka 24 Jam

Cetak digital terdekat
Cetak digital terdekat

Kelebihan teknik cetak digital offset:

  • Dapat mencetak dalam jumlah sedikit, ratusan lembar ataupun hanya satu lembar.
  • Anda tidak perlu menunggu lama untuk dapat menikmati hasil cetak dari mesin cetak digital karena tidak membutuhkan pembuatan film atau plat cetak.
  • Harga lebih ekonomis untuk cetak skala kecil.

Kelemahan teknik cetak digital offset:

  • Warna kurang konsisten jika untuk mencetak skala besar.
  • Hanya dapat mencetak hingga ukuran A3+.
  • Hanya dapat mencetak dengan gramatur kertas maksimum 270 gsm.
  • Harga cenderung jauh lebih mahal bila mencetak dalam skala besar.

Buat anda yang butuh jasa cetak digital terdekat bisa langsung menghubungi kontak dyno printing ya.

Kontak Kami :
Telpon      : 0852-8005-9274
Watshapp : 0852-8005-9274 (klik me)
Email       : digitalprinting41@gmail.com
Dyno Printing dan Percetakan ,

Jl. Otista Raya No.161a, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330

Note : Kami menyediakan semua jasa yang berhubungan dengan Digital Printing dan Percetakan .

1 Comment

  1. […] Baca juga : Cetak digital terdekat offset dan digital printing […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *