Tips & Trik

Jenis dan Macam-Macam Kertas Stiker yang Sering Digunakan

Stiker menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan fungsinya yang sangat fleksibel seperti untuk bisnis, koleksi, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, ternyata penggunaan macam-macam kertas stiker sangat menunjang kualitas dari hasil yang diperoleh.

Bahkan jenis dari kertas yang digunakan ini tidka hanya satu saja melainkan sangat banyak jumlahnya. Mungkin jika Anda sering mencetak setiker sudah tidak asing atau terbiasa dengan nama-nama kertasnya. Namun bagi yang tidak pernah, harus segera mengetahuinya untuk menentukan pilihan saat ingin mencetaknya

Macam-Macam Kertas Stiker yang Wajib Anda Ketahui

1. Chrome

Dilihat dari namanya macam-macam kertas stiker yang satu ini lebih mirip dengan user yang terhubung dengan google. Untuk kertas Chrome mampunyai ciri khas yang terdapat di bagian glitter lapisannya. Dengan kilau yang menonjol membuat kertas ini tidak cocok dipakai untuk produk.

Pasalnya kertas Chrome tidak bisa di cetak atau print sehingga kegunannya lebih ke pelindung kendaraan dari gesekan benda-benda tajam. Maka dari itu jika Anda ingin memilikinya silahkan cari di tempat-tempat stiker kendaraan.

2. Chromo

Kalau tadi ada macam-macam kertas stiker yang bernama Chorme maka saat ini yang akan dibahas adalah kembarannya yakni Chromo. Meskipun mirip dari segi kilau dan licin namun kegunaannya sangat berbeda jauh. Pasalnya kertas ini lebih cocok digunakan untuk promosi.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Tempat Print Buku di Jakarta Timur Paling Rekomendasi

Misalnya saja ditempel pada kemasan produk, pilkada, dan lain sebagainya. Meskipun sangat unggul, namun Chromo memiliki kekurangan yakni mudah luntur apabila terkena air hujan. Untuk itu sebaiknya pemakaian disesuaikan supaya tidak rugi karena terkelupas dalam waktu yang cukup sebentar.

3. Vinyl

Kertas Vinyl merupakan kertas yang berbbahan dasar dari plastik lentur. Umumnya Vinyl lebih dipilih karena stiker akan memiliki daya tahan yang lebih kuat daripada kedua macam-macam kertas stiker diatas. Bahkan kualitasnya ini juga membuatnya tahan terhadap berbagai cuaca.

Oleh karenanya pemakaian di luar ruangan juga tidak perlu dikhawatirkan. Hanya saja untuk mencetak stiker menggunakan kertas ini harus memakai laserjat print dan tidak bisa memakai inkjet. Sementara ciri utamanya terletak pada permukaan yang sangat glossy.

4. HVS

HVS, nama kertas yang sangat familiar di telinga Anda. Sesuai dengan sebutannya kertas stiker yang satu ini memiliki ukuran yang sama seperti kertas HVS pada umumnya. Kertas ini sering digunakan sebagai media percobaan, alias dicetak secara pribadi di rumah memakai inkjet.

HVS mempunyai daya rekat yang kurang baik, untuk itu di bagian lemnya mudah untuk mengelupas. Biasanya di beberapa perusahaan lebih menggunakan kertas ini untuk souvenir saja, karena tidak cocok apabila dipakai sebagai media promosi produk.

5. Bontax

Jika dilihat secara biasa, mungkin kertas stiker Bontax lebih mirip dengan kertas biasa. Namun kenyataannya daya rekat yang dimilikinya sangatlah kuat. Selain dipakai untuk stiker gitar, dan benda lainnya  kertas ini juga kerap mengisi kekosongan label kemasan karena memang tidak mudah lepas.

Baca juga : Apa itu Print Albartos Pengertian, Ciri, Kelemahan dan Kelebihan

Kertas Bontax ini juga bisa dicetak menggunakan printer inkjet. Kemudian ditambahkan laminasi supaya daya tahan dan rekatnya semakin berkualitas, dan memuaskan.

Itulah tadi penjelasan mengenai macam-macam kertas stiker yang sering digunakan. Apabila Anda membutuhkan stiker dengan kertas berkualitas bisa menghubungi jasa kami. Karena kami memiliki jenis-jenis kertas diatas yang akan membantu memenuhi kebutuhan Anda. Jadi tunggu apa lagi buruan order.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *