Tips & Trik

Jenis Kertas Paling Populer untuk Box Kemasan

Jenis Kertas Paling Populer untuk Box Kemasan – Saat ini produsen dalam industri pengemasan menawarkan berbagai bahan dan pilihan kepada konsumen dan pemilik bisnis sehingga sangat fleksibel untuk mendapatkan hasil pengemasan yang Anda inginkan.

Namun, dengan begitu banyak pilihan yang tersedia untuk cetak kemasan box. Bagaimana Anda tahu bahan mana yang bagus untuk digunakan?

Karton adalah salah satu jenis bahan yang paling umum digunakan di hampir semua industri Percetakan dan bisa sangat serbaguna karena tersedia dalam berbagai jenis kertas.

Kertas Karton Box Kemasan

Saat mempertimbangkan pilihan bahan kemasan yang cocok. Kita harus memeriksa opsi bahan kertas yang merupakan tempat terbaik untuk memulainya. Karena setiap bahan memiliki tujuan dan manfaatnya yang unik.

Baca juga: Printing terdekat Mockup A3 Compro Satin

Kertas Karton bukan hanya “kardus”.

Anda mungkin sudah memperhatikan bahwa kotak sereal standar mungkin berbeda dari kotak produk kosmetik Anda.

Perbedaannya cukup mencolok mulai dari feel hingga finishing dan tampilan kedua Kemasan box tersebut.

Sebagai permulaan, apa sebenarnya yang membuat kedua kotak ini sangat berbeda satu sama lain?

Jenis kertas!

Karton populer di kalangan kemasan produk karena keserbagunaan, fleksibilitas, dan daya tahannya.

Memahami berbagai jenis tingkat kertas akan membantu Anda mengembangkan kemasan dengan lebih efektif.

Kertas Berita Berlapis Tanah Liat

Terbuat dari campuran kertas koran daur ulang, dan kertas bekas campuran.

Catatan: Umumnya digunakan untuk kemasan karton lipat berbiaya rendah karena kekuatan tariknya yang lebih rendah dan kualitas cetakan yang dihasilkan cenderung biasa saja.

Karton yang terbuat dari Kertas Berita Berlapis Tanah Liat dapat digunakan untuk makanan kering, makanan hewan peliharaan, deterjen, dll.

Kerugian utama dari kotak ini adalah mereka akan menyerap air dalam jumlah besar jika kontak dengan air atau kondisi basah.

Meskipun merupakan yang paling hemat biaya, kelas ini biasanya paling tidak disukai karena kelembapannya yang tinggi, ketahanan terhadap bobot yang rendah, dan kualitas hasil cetak yang lebih rendah.

Namun, ini tetap berfungsi sebagai opsi hemat biaya dan umumnya digunakan oleh merek sereal murah.

Baca Juga : Contoh Tali lanyard Id Card Kartu Nama Bisnis Keren Terbaik

Kertas Sulfat Putih Padat

Jenis Kertas Bahan Kemasan Box ini dianggap sebagai kualitas terbaik untuk kemasan produk.

Prosesnya melibatkan pembuatan pulp secara kimiawi dan kemudian diputihkan.

Pulp yang diputihkan dimurnikan dan dibentuk menjadi kotak.

Menurut Statista, 71% pasokan Kertas Sulfat Putih Padat dunia berasal dari Amerika Utara dan digunakan untuk mengemas produk ritel.

Kualitas unggul terdiri dari permukaan putih baik di dalam maupun di luar kotak sehingga optimal untuk percetakan.

kertas Sulfat Putih dapat dilapisi hanya pada satu sisi atau kedua sisi.

Kualitas papan SBS juga memungkinkan untuk proses khusus seperti embossing & debossing , hot foil stamping atau pencetakan UV spot karena kualitas kelasnya.

Jenis kotak ini populer di sebagian besar industri dan digunakan untuk mengemas makanan, kosmetik, obat-obatan, gula-gula, makanan yang dipanggang, tembakau, dll.

Kertas Sulfat Putih Padat

Kotak Kemasan hasil dari Kertas Sulfat Putih ini paling disukai juga untuk kemasan perhiasan dan juga merupakan Jenis Kertas Paling Populer untuk Box Kemasan.

Baca juga : Tempat bikin Tripod atau stand banner terdekat

Kertas Lipat Folding Paper

Kertas Lipat Folding Paper adalah bahan pulp multi-lapis yang diproduksi secara kimia dan mekanis sehingga kuat dan tahan lama.

Permukaan halus memberikan peluang optimal untuk pencetakan berkualitas tinggi seperti Percetakan offset.

Tidak seperti kertas Sulfat Putih, yang seluruhnya terbuat dari pulp kimia, komposisi pulp mekanis Kertas Lipat Folding Paper memberikan komposisi yang lebih kaku.

Keduanya, bagaimanapun, diproduksi dari serat murni dan cocok untuk semua jenis kemasan produk.

Kotak-kotak ini sangat baik untuk mengemas makanan, kosmetik, dan obat-obatan serta juga merupakan substrat pengemasan utama India yang digunakan untuk bisnis .

Natural Kraft (SUS) dan Coated Unbleached Kraft (CUK)

Terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang, jenis kertas ini biasanya merupakan pilihan kemasan kraft yang populer. Setidaknya 80% pulp kayu yang tidak diputihkan digunakan untuk membuat CUK dan menyediakan material dengan konstruksi yang lebih tebal dan lebih tahan lama.

Ketika dilapisi dengan resin polietilen (PE), tingkat kertas ini menjadi aman untuk makanan dan ideal untuk box makanan bawa pulang.

Selain serbaguna dan aman untuk makanan, resin PE juga membuat bahan lebih tahan sobek, kokoh, tahan air/minyak, dan dioptimalkan untuk pencetakan berkualitas tinggi.

Sementara Natural Kraft juga tahan sobek, tahan lama, dan kokoh, permukaannya dilapisi dengan lapisan tanah liat alami yang juga memberikan permukaan optimal untuk pencetakan.

Namun, baik Natural Kraft (SUS) dan Coated Unbleached Kraft (CUK) adalah warna cokelat alami. Jadi penting untuk mempertimbangkan keluaran warna karena warna mungkin tampak lebih redup dalam nada.

Natural Kraft (SUS) dan Coated Unbleached Kraft (CUK) adalah pilihan tepat untuk kemasan yang aman untuk makanan dan atau untuk produk yang memberikan kesan lebih alami.

Tidak Hanya Sampai Disana

Untuk lebih memahami kualitas kertas yang ideal untuk Box kemasan Anda, penting untuk memahami daya tahan, kekuatan, dan ketebalan bahan.

Ini akan membantu membuat kotak yang sesuai berdasarkan berat produk dan desain struktural kemasan.

Pengukuran ketebalan kertas karton dilakukan dengan menentukan PT/GSM bahan tersebut.

Intinya, semakin tinggi Unit GSM/PT, semakin tebal materialnya dan semakin berat beban yang bisa dibawanya.

Tidak yakin bahan apa yang paling sesuai dengan kemasan dan produk Anda? Itu adalah Jenis Kertas Paling Populer untuk Box Kemasan dimana paling sering digunakan untuk cetak box kemasan.

Hubungi kami untuk Dyno Printing dan Percetakan terdekat untuk mendapatkan bantuan. Kami akan menjawab setiap pertanyaan anda dengan jelas dan cepat.

Kontak Kami :
Telpon      : 0852-8005-9274
Watshapp : 0852-8005-9274 (klik me)
Email       : digitalprinting41@gmail.com
Dyno Printing dan Percetakan ,

Jl. Otista Raya No.161a, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330

Note : Kami menyediakan semua jasa yang berhubungan dengan Digital Printing dan Percetakan .
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *